31 August 2013

Kewajiban Seorang Muslim Terhadap Muslim yang Lainnya

Bismillahirrohmanirrohim..

Assalamu'alaykum wr.wb.

Berbicara tentang Islam. Ya.. siapa yang tak bersyukur berada dalam nikmat Islam. Bukan hanaya sekadar agama, tapi "Islam is the way of life". Segala aspek kehidupan telah diatur di dalamnya. Termasuk bagaimana kita harus bersikap terhadap muslim yang lain.

Nah, Hal ini yang sering kali kita lupa. Kita punya kewajiban untuk menunaikan hak seorang muslim. Ini salah limanya (eehh) ^^V :

1. Memenuhi Undangan
Jika ia mengundangmu maka penuhilah undangannya.

2. Saling menasehati
Jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat.

3. Mendo'akan ketika ia bersin
"Jika salah seorang di antara kalian bersin, hendaklah ia mengucapkan Alhamdulillah, jika ia mengatakannya maka hendaklah saudaranya atau temannya membalas: yarhamukalloh (semoga Allah merahmatimu). Dan jika temannya berkata yarhamukallah, maka ucapkanlah: yahdikumulloh wa yushlihu baalakum (semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 6224 dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

4. Menjenguk ketika sakit
Jika ia sakit maka jenguklah. Karena dengan kehadiran saudaranya insyaAllah ia akan lebih bahagia. Menurut ilmu psikologi, kebahagiaan itu mengalahkan kesakitan loo.

"Barang siapa yang mendatangi saudaranya muslim (yang sakit) untuk menjenguknya, ia berjalan di atas kebun surga hingga ia duduk. Apabila ia duduk, rahmat (Allah) akan menyelimutinya. Bila waktu itu pagi hari, tujuh puluh ribu malaikat akan bersalawat kepadanya hingga sore hari, dan bila ia melakukannya di sore hari, tujuh puluh ribu malaikat tersebut akan bersalawat kepadanya hingga pagi hari." (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah).

5. Berta'ziah
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Siapa yang mengantarkan jenazah hingga menshalatkannya maka baginya pahala satu qhirath, dan siapa yang mengantarkannya hingga dimakamkan maka baginya pahala dua qhirath”, beliau ditanya: “Apakah yang dimaksud qhirath ?”, beliau menjawab: “Bagaikan dua gunung yang besar“ (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Allahu'alam...

No comments:

Post a Comment

lets give your comment ^_^