28 March 2012

Mengenali Penyakit Ataxia



Apa itu ataxia?
Ataxia adalah kelainan pada otak kecil yang disebabkan oleh mutasi (kelainan genetika). Penyakit ini termasuk sejenis penyakit langka yang diwariskan dan belum diketahui identitasnya, itulah sebabnya penyakit ataxia ini belum dapat ditemukn apa obatnya.
Ataxia menyebabkan gangguan koordinasi otot yang terus memburuk. Penyakit ini juga menyebabkan sumsum tulang belakang dan syaraf tepi terus merosot dan menjadi lebih tipis. Penyakit ini bersifat resesif atau keturunan dan sangat jarang.
Kemungkinan infeksi pada penderita Ataxia sangat besar karena kegagalan fungsi limfosit B dan T sebagai antibodi. Antibiotika dan globulin imun bisa menolong mencegah infeksi tetapi tidak mengurangi masalah pada susunan syaraf.

Bagaimana mengenali gejalanya?
  1. Pada awalnya ada persendian yang ngilu dan sakit.
  2. Pergerakan terhambat (tiba-tiba jatuh tanpa sebab, tidak bisa menjaga keseimbangan, dll
  3. Pergerakan terhenti secara tiba-tiba, tidak bisa mengendalikan syaraf motorik tubuh. Jika sudah mulai akut, bisa saja penderita tidak bisa berjalan, maka harus menggunakan kursi roda, bahkan pada nantinya hanya bisa berbaring di atas ranjang dan menggantungkan seluruh hidupnya dengan bantuan orang di sekitarnya. 
  4.  Ketrampilan bicara menghilang, dan otot secara progresif melemah, menyebabkan cacat yang parah.
Ataxia biasanyaberkembangsampaikelumpuhan, demensia, dankematian, biasanyamenjelangusia 30 tahun. Belum ada cara pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan penyakit ini secara tuntas, dilihat dari penyebabnya adalah rusaknya jaringan otak kecil dan syaraf tulang belakang. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk menyembuhkan. Wallahualam bissawab

Sumber :
SuaraMerdeka, 1 April 2011

No comments:

Post a Comment

lets give your comment ^_^